KASIH SANG GEMBALA MEMELIHARA SEMUA DOMBA: Memaknai Domba dari Kandang yang Lain dalam Injil Yohanes 10:16

Authors

  • Adhika Tri Subowo Dosen Fakultas Teologi UKDW

Keywords:

one flock, Shepherds, sheep from another fold, the other, domba dari kandang yang lain, gembala, satu kawanan, sang liyan

Abstract

Abstract
Living a life in the midst of diversity is not always easy. Sometimes the temptation to be exclusive occurs, to think of ourselves as better and right while others are wrong. As a result the other groups were excluded. Through the effort to interpret the sheep from another cage as contained in John 10:16 we will see that it turns out the Shepherd takes care of all the sheep, including sheep from another cage. To elaborate on this theme, the author will begin by describing the meaning of the shepherd's metaphor and then raising the reinterpretation of John 10:16 so that the text can be used as a basis in an effort to embrace 'the other'.

 

Abstrak

Menjalani kehidupan di tengah keberagaman tidak selalu mudah. Terkadang godaan untuk menjadi eksklusif terjadi, menggap diri kita lebih baik dan benar sedangkan yang lain salah. Alhasil kelompok yang lain tersisih dan bahkan disisihkan. Melalui upaya memaknai domba dari kandang yang lain sebagaimana terdapat dalam Yohanes 10:16 kita akan melihat bahwa ternyata Sang Gembala memelihara semua domba, termasuk domba dari kandang yang lain. Untuk mengelaborasi tema ini, penulis akan memulai dengan menjabarkan makna dari metafora gembala dan kemudian mengangkat reinterpretasi terhadap Yohanes 10:16 sehingga teks dapat dijadikan dasar dalam upaya merangkul ‘sang liyan’.

Published

2021-12-01