Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini dengan Pendidikan Montessori di Paud Kalyca Montessori School Yogyakarta
Keywords:
Pembentukan kemandirian, Metode Montesori, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Abstract
This study aims to describe the Montessori education model in the formation of early childhood independence at the PAUD Kalyca Montessori School. This research method uses a naturalistic qualitative method approach. The research subjects consisted of foundations, principals, teachers, students, and parents of students. The object of research is the formation of independence with Montessori education. Data collection techniques used are in-depth interviews, participatory observation, and documentation. Data analysis includes describing and performing data in case of studies with the stages of recording, initial grouping, different grouping themes, description of case analysis. Based on these methods, a description of the formation of the independence of early childhood in the Kalyca Montessori School is generated. Thus, the Montessori education model is one of the methods that shapes early childhood independence.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan Montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini di PAUD Kalyca Montessori School. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif naturalistik. Subyek penelitian terdiri atas yayasan, kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Objek penelitian adalah pembentukan kemandirian dengan pendidikan Montessori.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara yang mendalam, observasi partisipasif dan dokumentasi. Analisis data meliputi mendeskripsikan dan mengin-terprestasikan data dalam studi kasus dengan tahapan pencatatan, pengelompokan awal, pengelompokan tema yang berbeda, deskripsi analisis kasus. Berdasarkan metode tersebut maka dihasilkan pendeskripsian pembentukan kemandirian anak usia dini di PAUD Kalyca Montessori School. Dengan demikian, model pendidikan Montessori merupakan salah satu metode yang membentuk kemandirian anak usia dini.